• Tari Penthul Melikan
Gambar 1. Tari Pentul Melikan
Sumber : https://penthulmelikan.blogspot.com/

Tari Penthul Melikan merupakan salah satu tarian yang berasal dari Ngawi, Jawa Timur. Nama tari ini diambil dari wilayah diciptakannya tarian ini, yaitu Dukuh Melikan, Desa Tempuran Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Tari Penthul Melikan didirikan oleh para tokoh di wilayah tersebut pada tahun 1952. Tari ini menggunakan Topeng yang disebut Penthul yang menyerupai watak manusia yang berbeda beda. Pada awalnya tarian ini digunakan untuk menyebarkan agama islam dan digunakan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Sampai sekarang tari ini masih ada dan masih aktif di bidang budaya dan digunakan sebagai media pendidikan di daerah sekitar.

Bidang Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) dari alternatif Tari Penthul Melikan adalah PKM-GT (Gagasan Tertulis).

  • Slametan
Gambar 2 : Religi Unik Masyarakat Jawa
Sumber : http://dewiharyani8.blogspot.com/2015/03/religi-unik-slametan-masyarakat-jawa.html

Slametan meruapakan salah satu tradisi masyarakat jawa. Slametan digunakan masyarakat jawa untuk mendoakan leluhur agar diberikan ketentraman dan kesejahteraan di alam kubur. Selain itu, slametan juga digunakan masyarakat jawa untuk mengungkapkan rasa syukur terhadap apa yang telah didapatkan. Slametan ini merupakan gabungan atau akulturasi antara adat jawa dan Islam.

Bidang Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) dari alternatif Slametan adalah PKM-GT (Gagasan Tertulis).

  • Cok Bakal
Gambar 3 : Cok Bakal
Sumber : https://www.narasiinspirasi.com/2019/08/filosofi-cok-bakal-sesajen-sesaji-dan.html

Cok bakal berasal dari 2 suku kata. Cok berarti Cikal dan Bakal berarti bekal atau permulaan. Cok bakal merupakan simbol permulaan dalam melakukan suatu hal yang melibatkan hubungan antara Tuhan dan manusia atau Sangkan Paraning Jumadi. Masyarakat jawa menggunakan cok bakal sebagai alat media sebelum melakukan suatu kegiatan. kegiatan ini digunakan sebagai sarana sedekah dan rasa syukur agar diberi kelancaran dalam melakukan hal tersebut.

Bidang Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) dari alternatif Cok Bakal adalah PKM-GT (Gagasan Tertulis).